Bantuan Cek Fisik Mutasi Mobil

loading...

Beberapa hari lalu, Cak Mar berniat untuk balik nama mobil serena AB ke plat N. Cak Mar harus tahu cara cek fisik baik untuk proses mutasi antar daerah atau perpanjangan stnk 5 tahunan untuk mobil motor dan kendaraan lainnya. Setelah melalui proses googling dan ngintel, akhirnya Cak Mar mulai tahap awal dulu, yaitu.

1. Cabut Berkas
Kenapa? Karena mobil terdaftar di AB dan harus pindah pencatatan makanya harus cabut berkas alias mutasi keluar dari jogja.

2. Bantuan cek fisik
Salah satu syarat cabut berkas adalah melakukan cek fisik, semacam prosedur verifikasi dan validasi bahwa mobil yang akan dimutasi sesuai atau tembus antara nomer mesin dan nomer rangka yang tertera di BPKB beserta STNK sesuai dengan yang di kendaraan.
Nah, ketika mobil cak mar udah betah di malang mau ndak mau harus cari cara supaya bisa cek fisik tanpa refot.

Alhamdulillah di samsat ada istilah bantuan cek fisik kendaraan, yaa ujung2nya antar samsat bisa saling kasih bantuan lah .. Khan sama petugas kepolisian yang melakukan.
Dari inpo google, bantuan cek fisik berbiaya variasi. Mulai dari 20 ribu s/d 100 ribu. Mulai urus sendiri sampai jasa urus.

Ini adalah ARTIKEL PERTAMA dari “trilogi proses mutasi” yang Cak Mar lakukan:

1. Bantuan cek fisik

Jika anda tidak bisa melakukan cek fisik di POLDA ASAL kendaraan misal terlalu jauh, anda bisa melakukan bantuan cek fisik di SAMSAT terdekat secara gratis.

2. Mutasi Masuk dan Crosscek

KLIK DISINI : Semua proses cek fisik mutasi masuk dan prosedur crosscheck jika mutasi dilakukan ANTAR POLDA.

3. Pembayaran dan Penomoran

KLIK DISINI : Administrasi pembayaran pajak, biaya balik nama sampai dengan penomoran untuk mendapatkan STNK, Notice Pajak, Plat Nomor kendaraan, dan BPKB.

Ok kita mulai ceritanya yaa ….♥♥

Pagi hari, pukul 9 Cak Mar berangkat menuju samsat karangploso malang yang berjarak 10 menit dari rumah, tepatnya di Jalan Raya Perusahaan ruas Pabrik Bentoel – Karangploso. Sekitar pukul 9.10 mobil Cak Mar masuk ke parkiran dan Alhamdulillah dapat rejeki strategis karena pas ada orang keluar. Parkir, kemudian pasang handbreak (Serena pakai Footbreak), lalu buka kap mesin biar sudah adem saat nanti mesin dan rangka digesek sticker oleh petugas.

Ini Cak mar urus sendiri yaa, tanpa calo maupun ordal (orang dalam).

  1. Jurus ampuh pertama adalah “MENUJU TEMPAT FOTOKOPI”. xixixi …

Sok tahu  dan Percaya diri dengan langsung saja serahin KTP, BPKB, STNK, PAJAK ke petugas fotokopi dan bilang “Mas, Bantuan cek fisik”.  Dan berkas ditumpuk untuk diantrikan fotokopi. Setelah itu berkas dikopi rangkap 3 dan dikasih ke cak mar dalam map khusus serta bayar 10 ribu.

2. Pukul 9:40 menuju loket cek fisik.

Langsung tumpuk berkas di loket petugas polisi cek fisik lalu kira kira 5 menit kemudian dipanggil. Dikasih formulir dan sticker sambil dipeseni ama pak bripka (brigadir kepala) yang ramah “Bapak isi formulir dan langsung gesek yaa”..

3. Isi Berkas Cek Fisik dan Gesek Sticker di Mobil

Setelah isi sana sini (detail mobil, nomer mesin, nomer rangka dll yang mana datanya dari BPKB dan STNK) yang mana relatif isinya info ciri fisik mobil dan Pemilik … Pukul 9.50 nyamperin pak petugas yang sudah selesai cek fisik mobil lain. Dan Hanya 1 menit sdh selesai dan tanpa perlu bayar.

4. Kembali ke Loket Cek Fisik membawa berkas dan sticker hasil gesek

Setelahnya, tumpuk berkas lagi di loket cek fisik, untuk diperiksa semua isian dan hasil gesek sticker. Dicorat coret, distempel, dan ditandatangani pak bripka (Brigadir Kepala) dan diserahkan ke cak mar.

Cak Mar: “Setelah ini kemana pak?
Pak Polisi:”Langsung saja dibawa ke Jogja Pak“.

Wuihhh, Tanpa keluar biaya apapun alias gratis (Formulir gratis, stempel gratis, sticker gratis, tandatangan petugas pun gratis)….Top deh.

5. Selesai

Pukul 10 tepat cak mar selesai dengan membawa berkas bantuan cek fisik. Selanjutnya adalah kirim berkas ke keluarga di jogja untuk dibantu cabut berkas.

Rangkuman Biaya Cek Fisik adalah:

  1. Fotocopy rangkap 3 dan Map   : Rp. 10,000
  2. Formulir Cek Fisik                   : GRATIS
  3. Sticker Cek Fisik                     : GRATIS
  4. Validasi tandatangan Petugas  : GRATIS
  5. Parkir Mobil                            : Rp 2000

TOTAL pengeluaran RP 12.000

Yang dikirim:
1. Berkas bantuan cek fisik
2. Bpkb asli
3. Ktp asli
4. Stnk asli
5. Faktur asli (jaga2)
6. Kuitansi atau surat jual beli bermaterai 6000 (jaga2)
7. Bukti Notice pajak

Ini gambar hasil bantuan cek fisik:
bantuan cek fisik

Saat ini dokumen masih dalam perjalanan, semoga lancar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Update:
29 Oktober 2015 Cabut berkas sudah selesai di POLDA Yogyakarta. 2 minggu kemudian berkas mutasi sampai di Malang.

23 November 2015 Cek Fisik kembali untuk MUTASI MASUK di samsat karangploso. Siangnya ke POLDA JATIM untuk crosscek berkas MUTASI.

24 November 2015 melakukan proses pembayaran pajak, pembayaran biaya balik naman, penomoran STNK, dan mendapatkan plat nomor kendaraan.

24 Februari 2016 melakukan pengambilan BPKB dengan membawa STNK dan KTP pemilik asli.

Comments

comments

6 Comments
    • wavatar

Leave a Reply