Cara Memilih Kacamata

loading...

Bagaimana sih cara dan tips memilih kacamata termasuk frame atau bingkai berdasarkan bentuk wajah, size dan warna? Memang ada beberapa artikel yang membahas tentang panduan cara memilih kacamata minus plus silinder berdasar bentuk muka, tapi kebanyakan hanya berdasarkan bentuk wajah atau warna saja. Di sini akan dibahas secara lebih lengkap berdasarkan size (ukuran) dan bentuk kacamata yang cocok juga. Selain itu disini akan dikupas tuntas tentang tips saat membeli online sebagai pelengkapnya.

Langkah-Langkah dalam Memilih Kacamata

Setidaknya ada 3 langkah yaa dalam memilih kacamata:

Pertama, perhatikan bentuk wajah anda. Bentuk wajah setiap orang yang berbeda-beda menyebabkan beberapa produk kacamata dengan bentuk yang berbeda-beda sehingga akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi pemakainya. Beberapa orang tampak lebih ganteng/cantik jika memakai kacamata dengan yang pas dengan bentuk wajahnya. Tapi tak sedikit ada pula yang malah terlihat jelek atau tampak culun dikarenakan salah memilih kacamata atau memakai kacamata yang tak sesuai dengan bentuk wajahnya. Pemilihan bentuk frame atau bingkai berdasarkan bentuk wajah sangat berguna dari segi estetik dan fashion.

Kedua, berdasarkan size (ukuran) frame (bingkai) kacamata. Size kacamata tidak hanya berpengaruh dari segi estetika dan fashion tapi juga berpengaruh dari segi kenyamanan. Size yang terlalu lebar atau kecil mungkin akan tampak aneh dan tidak nyaman di wajah anda. Efek size yang kelebaran atau kesempitan misalnya sering melorot, terlalu menekan samping kepala dekat telinga atau fokus yang tak tepat pada lensa dan mata anda, hal terakhir ini malah sangat tidak nyaman dan berpengaruh pada kesehatan mata anda selanjutnya. Mengapa?? karena salah fokus bisa menyebabkan pandangan yang kurang jelas dan bahkan pusing sehingga malah memperparah kondisi mata semakin rusak.

Ketiga, pilih warna yang sesuai dengan warna kulit, rambut atau pakaian anda. Pilihan warna juga berpengaruh dari segi fashion misalkan anda menentukan menggunaka lensa fotokromik atau photocromic yang akan berubah warna menjadi abu-abu ketika lensa terpapar sinar UV ultraviolet, akan tetapi tidak berpengaruh dari segi kesehatan. Jika anda tidak tahu atau bingung dalam hal warna, saran Cak Mar pilih warna hitam. Hitam adalah warna netral kacamata yang cocok bagi segala jenis warna kulit, rambut, atau pakaian.

Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Ada 5 bentuk dasar wajah: kotak, hati, bundar, oval, dan pear baik pada kaum laki-laki maupun perempuan pada manusia dewasa dan anak-anak. Pilih bentuk bingkai / frame yang setidaknya berlawanan dengan bentuk wajah anda supaya lebih berkesan. Misalnya wajah bundar lebih baik menggunakan frame kotak dan wajah kotak lebih baik menggunakan frame bundar. Lihat contoh gambar di bawah.

Kacamata untuk Bentuk Wajah Kotak atau Persegi

kacamata wajah kotak

Contoh frame: Moscot Vilda (pria) – Moscot Miltzen (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Hati

kacamata wajah hati

Contoh frame: Rayban Clubmaster atau Moscot Yukel (pria) – Moscot Hyman (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Bundar

kacamata wajah bundar

Contoh frame: Nike 7617/Rayban Clubmaster Square (pria) – Bvlgari 3157B (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Oval atau Lonjong

kacamata wajah oval

Contoh frame: Rayban Clubmaster atau Moscot Yukel (pria) – Rayban Wayfarer atau Moscot Hyman (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Pear

kacamata wajah pear

Contoh frame: Moscot Lemtosh (pria) – Moscot Vilda (wanita)

Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Size Kacamata

Size kacamata biasanya terdiri dari 5 ukuran:
1. size lensa (ukuran horizontal/lebar lensa)
2. size bridge (ukuran lebar jembatan hidung)
3. Temple atau panjang tangkai bagian samping
4. size vertical untuk tinggi lensa
5. PD atau jarak antara titik tengah mata

Size lensa dari segi kesehatan berguna agar anda bisa menempatkan posisi pupil mata anda sejajar dengan tengah fokus lensa, ini berguna agar penglihatan anda lebih nyaman dan fokus. Size lensa erat kaitannya dengan PD (Pupilary Distance; jarak antar pupil kanan-kiri).

Size lensa dari segi fashion juga berguna bagi anda yang memiliki koreksi minus/plus tinggi. Bagi anda yang minus/plus tinggi sebaiknya pilih kacamata yang sizenya kecil atau framenya tebal, ini berfungsi untuk menutup ketebalan lensa sehingga tidak terlalu nampak.

Size bridge berguna agar agan dapat menentukan kenyamanan posisi kacamata pada hidung agan. Bagi agan yang dikaruniai berhidung minimalis pesek maka pilihlah frame dengan bridge kecil atau dengan nosepad (bantalan hidung) yang bisa distel, agar posisi nosepad dapat disesuaikan dudukannya dengan hidung anda.

loading...

Size kacamata biasanya tertera di sisi dalam gagang kacamata, tapi ada juga yang tertera di bridge (jembatan hidung) atau di nosepad (bantalan hidung) pada frame plastik. Selain size lensa & bridge, ada juga size temple length (panjang tangkai) dan vertical lens (tinggi lensa). Tapi tinggi lensa tidak tertera di bagian frame. Kenapa? karena ini tidak begitu pengaruh terhadap fokus mata anda. penentuan tinggi lensa hanya berguna bagi mereka pengguna lensa progressive (lensa multi fokus).

Panjang tangkai dibuat oleh produsen secara proporsional pastinya, mereka tidak asal membuat. Panjang tangkai pada umumnya disesuaikan dengan bentuk dan size frame dan hampir semua bingkai kacamata panjang tangkainya 135-145 mm. Kenapa tidak terlalu penting? Karena panjang tangkai bisa distel, dengan cara dibengkokkan atau diluruskan agar mendapatkan size yang sesuai dengan kepala kita. Begitupun dengan vertikal (tinggi) lensa. vertikal lensa biasanya didesain dan dibuat secara proporsional dengan size frame yang ada.

Cara Membaca Size Kacamata

memilih kacamata

Contoh perhatikan pada gambar di atas tertulis sizenya 54-14-131 yang ada di sisi dalam tangkai (temple) kanan.
A. Lebar Lensa: 54 mm
B. Lebar Jembatan Hidung: 14 mm
C. Panjang Tangkai: 131 mm

NB: mengukur lebar lensa dan menghitung total panjang frame pada contoh di atas tidak diikuti dengan ketebalan frame (bingkai) karena tebal setiap frame berbeda-beda.

loading...

Cara Mengukur PD (Jarak Antar Pupil)

Mengukur PD (jarak antar pupil) bisa dengan sistem otomatis (misalnya dengan autoreff; mesin cek mata sistem komputer) atau dengan manual, misalnya dengan PDmeter atau penggaris.

PD jarak antar pupil

Cara mengukur PD (pupilary distance; jarak antar pupil mata kanan-kiri) dengan penggaris.
Contoh pada gambar menyatakan bahwa PDnya adalah 58mm. Ditulis di resep kacamata sebagai PD: 58

Cara Memilih Warna Kacamata Berdasarkan Warna Kulit

Pilih warna frame yang sesuai dengan warna kulit anda, warna mata anda, warna rambut dan atau warna pakaian anda.
1. Warna kulit terang: kulit putih atau kuning, semua warna bingkai kacamata bisa anda gunakan.
2. Warna kulit coklat atau sawo matang: pilih frame warna krem atau coklat.
3. Warna kulit gelap: pilih bingkai dengan warna-warna yang menyejukkan seperti biru, biru dongker atau merah maroon.
4. Bingung pilih warna? seperti yang Cak Mar katakan sebelumnya, pilihlah warna hitam. Karena hitam adalah warna netral kacamata yang cocok dengan berbagai warna kulit, mata, rambut, atau pakaian anda.

Panduan padu padan warna kacamata (dan warna fashion item lainnya) berdasar warna kulit

  1. Tentukan yang mana yang merupakan warna kulit kamu warna kulit
  2. Kemudian pilih warna yang (sekiranya) cocok warm-cool-skin-tone

Tanya Jawab: Konsultasi Mengenai Cara Memilih Kacamata

Saya lagi butuh kacamata nih Cak, pandangan mulai kabur kalo liat jauh.. tapi saya pesek Cak. Beberapa kali nyobain kacamata ga ada yang nyaman, melorot mulu kacamatanya.. ada solusi ga Cak? solusinya, pilih yang size bridgenya kecil, dan pilih yang ada nosepad (bantalan hidung) yang bisa distel aktual menurut anatomi hidung anda. terus pilih nosepad yang berbahan silicon, biar lebih keset gak licin di kulit. kalo nosepad plastik biasa lebih licin jadi gampang melorot. terus selain bagian hidung yang distel, bagian ujung kakinya juga dipasin dengan lingkar belakang telinga, biar enak nangkringnya di telinga anda. usahakan pilih kacamata dengan size yang pas atau lebih lebar sedikit supaya mudah disesuaikan atau dipersempit. hindari yang size kekecilan, nanti malah jadi tambah sempit tambah mudah melorot kalo kesempitan.

Bingung milih merk kacamata yang awet. Awet/gaknya jangan dilihat dari merk, tapi dari detail dan kualitas bahannya. gak ada jaminan kacamata bermerk lebih awet dari yang gak bermerk dan sebaliknya.

Wajah saya bentuknya gimana ya? Bingung. Lho, anda gak punya cermin? Atau jangan-jangan, gak punya wajah? ????

Terus cara membedakan lensa asli dengan yg katanya asli gimana? Selama ini gak ada istilah lensa palsu. semua lensa yang dijual di pasar adalah lensa asli, hanya saja beda merk-beda fitur-beda kualitas. kebanyakan org awam bilang lensa produk china sebagai lensa palsu, padahal itu asli, mereka pakai merk tersendiri, hanya saja mungkin kualitasnya di bawah merk ternama. sama kaya hp Xiaomi yang lagi ngetrend sekarang, hp china asli, itu original kan. beda lagi kalau hp ada yang replika, kalau lensa gak ada yang replika. masing-masing supplier punya keunggulan tersendiri pada lensanya.

Ada tips buat merawat lensa kacamata gak? Usahakan selalu bersihin lensa di bawah air yang mengalir lalu lap dengan kain halus atau tisu halus. fungsi air mengalir adalah untuk melunturkan debu-debu yang menempel pada lensa. biasanya gesekan antara debu dengan lap yang menyebabkan goresan pada lensa, jadi hindari mengelap lensa dalam keadaan kering. untuk membersihkan minyak yang nempel, misalnya bekas jari atau keringat, cuci pakai air sabun atau sabun cair, misalnya sabun tangan.

Merk frame yang bagus apa Cak sama komposisi lensa nya bagus nya apa ya yang biar gak silau kalau malam pas lagi nyetir Cak? saran Cak Mar pakailah merk frame (bukan KW yaa): moscot, oakley, rayban, nike, levis. Kemudian merk lensa: evoliq, essilor

Efeknya salah pilih frame dan lensa untuk kesehatan apa Cak? Ada yang bilang, kalau pakai kacamata malah bikin minus/plus ga bisa sembuh malah bertambah. Itu sih mitos, kacamata cuma alat bantu, yang bisa bikin nambah minus plus ya kebiasaan buruknya, misal nonton terlalu dekat atau baca sambil tiduran atau lama lama didepan komputer dan hp atau penyebab lain.

Jus wortel bener bisa ilangin minus ga Cak? Sayangnya, wortel nggak bisa menyembuhkan mata minus, seperti yang dijelaskan oleh dr. Hadi Prakoso W., Sp.M, seorang optalmologis dari Jakarta Eye Center.

Wortel emang kaya akan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Tapi menurut dr. Hadi, kebanyakan orang salah persepsi yang menganggap vitamin A sangat berperan terhadap pengelihatan manusia, namun sebenarnya lebih berperan terhadap metabolisme sel-sel saraf pada retina. Jadi mengkonsumsi wortel sebanyak mungkin pun tidak akan dapat menyebuhkan mata dari minus, plus atau pun silinder.

Berikutnya tips membeli kacamata online

Membeli Kacamata Secara Online

Saat ini berbelanja online menjadi cara alternatif dan cukup favorit untuk berbelanja. Selain bisa dapat harga murah, kita tidak perlu pergi-pergi menjelajahi toko dan bisa memilih produk yang sangat bervariatif hanya dengan duduk di depan komputer saja. Tapi jika ingin berbelanja produk kacamata mungkin anda akan mendapatkan beberapa kendala, misalnya apakah kacamata yang akan di beli cocok tidak dengan wajah atau takutnya ukuran yang tidak pas karena kita tidak bisa mencoba langsung kacamata yang akan dibeli. Tapi jangan kuatir , anda tidak akan mengalami hal itu :

  • Ukurlah terlebih dahulu lebar muka anda, untuk mengukur bisa meminta bantuan teman jadi bisa lebih mudah. Sehingga bisa menentukan ukuran kacamata yang akan anda beli agar pas dengan ukuran wajah dan nyaman saat digunakan. Pada dasarnya ukuran kacamata sudah dibuat standart jadi tidak perlu kuatir jika ukurannya tidak pas karena selisihnya hanya dalam ukuran milimeter saja.
  • Pastikan jika membeli frame kacamata minus terdapat deskripsi ukuran, baik ukuran bridge (lebar hidungan), Panjang / tinggi lensa, serta panjang tangkai. Hal ini sangat perlu diperhatikan terutama untuk kacamata baca, agar nyaman saat digunakan. Apabila anda sudah pernah memakai kacamata baca sebelumnya, anda bisa melihat langsung ukurannya di bagian tangkai kacamata lama anda.
  • Tentukan bentuk frame kacamata yang anda akan beli, sehingga akan sesuai dengan bentuk wajah dan selera anda.
  • Pilih warna frame yang sesuai dengan warna kulit, terutama untuk kacamata baca atau eyeglass karena jika warna terlalu mencolok akan menggangu penampilan anda. Tapi kalau untuk kacamata gaya atau sunglasses anda lebih bebas memilih warna asal anda pede saat memakainya.
  • Apabila ingin memilih kacamata baca sekaligus lensa minus, periksalah mata anda terlebih dahulu di toko optik terdekat atau ke dokter mata secara GRATIS. Karena jika anda lama tidak memeriksakan atau lama tidak menggunakan kacamata minus mata bisa bertambah. Saran saya belilah frame kacamata saja kemudian di bawa ke toko optik terdekat, sehingga anda bisa tentukan kualitas lensa dan mengukur tingkat minus mata langsung di toko optik.
  • Pilih jenis kacamata sesuai dengan kegiatan anda misal untuk keperluan olahraga, bekerja di proyek bangunan atau tambang, andi bisa memilih jenis kacamata sport. Karena model kacamata ini dilengkapi dengan tali pengait agar tidak mudah lepas , serta lensa yang lebar sehingga perlindungan terhadap mata lebih maksimal.

Kalo ngebiasain jarang pake kacamata,bagus gak ya? Pernah baca artikel kalo pengguna kacamata tapi jarang pake kacamata katanya memperbagus penglihatan. tergantung minus berapa dan lensa yg dipakai apa. Cak Mar sendiri -0.5, pakai seperlunya hasilnya nyaman banget, fresh di mata karena ndak ngotot seperto biasanya. Namun kalo minusnya tinggi, misalnya -6.00, coba aja gak pake kacamata, dijamin menderita yaa. kalo gak percaya tanya aja ama temen-temen anda yang minusnya tinggi, gimana rasanya klo gak pake kacamata. lagi, kacamata itu hanya alat bantu penglihatan, bukan utk mengurangi atau menambah minus.

Comments

comments

One Comment

Leave a Reply