Diet yang benar

loading...

Mau turun berat badan?

Mau Diet yang benar? Tidak mau terikat produk tertentu? Kalau anda menuju ke tulisan ini mungkin jawaban anda sebagian besar adalah YA …. Cak Mar sebelumnya sudah pernah mengalami ketidaknyamanan yang dikarenakan berat badan melambung tinggi tak terkontrol, berbagai metode dan cara sudah coba Cak mar lakukan. Berbagai jenis produk sudah Cak Mar coba juga, namun hasilnya lepas selesai pemakaian dari produk tersebut maka kembalilah badan ke bentuk dan berat semula. Jenuh khan ini terjadi bolak-balik, jadi harus ada strategi terobosan dan cara diet yang benar.

diet yang benar

Ini adalah opini pribadi yang muncul dari pengalaman Cak Mar sendiri yaa dan didukung dari para pakar ahli yang memberikan ilmu beserta wejangannya …. Kemudian jika ada Kesamaan teori, Kebenaran hipotesa, atau mungkin kerancuan kata kata bisa jadi muncul seiring ini adalah masalah umum manusia biasa. Jikalau suatu saat ada pendapat yang lebih masuk akal dan lebih empiris daripada tulisan iki maka jangan segan untuk segera coret coret di kolom komentar.

Latar belakang Cak Mar menulis adalah karena sudah ada progress yang sangat bagus dari yang dilakukan. Sudah 2 bulan (maret-mei 2016) ini berat Cak Mar turun 4 kg dengan tetap makan bebas dan tanpa bantuan produk diet yang mahal. Kalaupun nantinya ada disebutkan hanya upaya untuk memenuhi asupan nutrisi saja, dan itupun dijual bebas di minimarket bahkan warung warung umum.

Ok, kita mulai tips rahasianya.

1. Diet harus makan

makanan saat diet
Ya, diet itu harus makan. Salah jika diet itu menahan untuk tidak makan. Kadar glukosa dan insulin harus terjaga dalam darah, makanya kita harus tetap ada asupan makanan setiap 3 jam….. Betul, setiap 3 jam !!!! Tubuh untuk perlu tenaga untuk menghancurkan lemak, tubuh perlu tenaga untuk melakukan metabolisme. Hanya saja semua asupan harus terukur.

2. Banyak minum air

minuman diet
Salah satu penyusun utama tubuh adalah air. Dalam darahpun juga tersusun atas air. Darah dan air bersama sama melalui ginjal setiap harinya. Keduanya disaring dan dibersihkan secara otomatis dalam ginjal. Kotoran beserta lemak akan dibuang saat proses sekresi. Bayangin jika tidak ada alat transportasi pembuang kotoran, maka pastinya lemak dan kotoran akan banyak menumpuk di dalam pembuluh darah atau tersimpan dalam bentuk cadangan lemak di dalam daging.

3. Kurangi gorengan, perhatikan makanan anda.

efek buruk gorengan
Gorengan itu minyak yang dibungkus makanan. Setiap anda makan gorengan sebenernya anda makan minyak. Makanan biasa jika digoreng juga akan meningkatkan nilai kalorinya. Jika tahu saja 50 kalori maka ketika digoreng bisa sampai 200 kalori. Anda makan 3 tahu goreng sudah sebanding dengan makanan satu kali menu. Itu belum dihitung efek tidak sehatnya yaaa … Makanya kurangi atau malah hindari.

4. Selalu hitung kalori masuk tubuh anda

mengitung kalori
Tubuh memerlukan energi untuk aktifitas, setiap energi didapat dari asupan makanan dan nutrisi yang ada dari dalam tubuh. Selain untuk aktifitas, tubuh juga memerlukan regenerasi sel. Baik aktifitas dan regenerasi sel setiap harinya ada angka kebutuhan gizi dan kebutuhan kalori. Rentang kalori orang dewasa normal adalah antara 1800 sampai 2800 … Semakin banyak aktifitas maka semakin tinggi kebutuhan kalori. Simpelnya adalah, jika misalkan kebutuhan kalori anda 2000 per hari, maka untuk diet kurangi jadi 1500 per hari, dan untuk menambah berat badan maka jadikan 2500 per hari. Awalnya susah menghitung, namun suatu saat akan terbiasa juga.

loading...

5. Perbanyak serat

makanan serat
Serat diperlukan untuk pencernaan, serat bisa didapatkan dari beberapa jenis sayuran. Bahkan serat di sebuah oat bermanfaat untuk mengikat lemak yang ada di dalam tubuh dan pembuluh darah sehingga akan baik untuk penderita jantung.

6. Hindari gula apalagi minyak

menghindari gula
Gula adalah sumber energi, namun tidak sebanding dengan kenyangnya. Angka gula sangat tinggi dan jika berlebihan maka tidak baik untuk proses metabolisme tubuh.

7. Mulailah sukai teh tawar

manfaat teh tawar
Seiring dengan menghindari gula, maka jadilah anda orang baru dengan mulai menyukai teh tawar. Selain menghindari gula, teh tawar dipercaya sebagai penangkal racun yang baik. Selain itu pula, anda akan merasakan berbagai rasa teh dari setiap daerah dan keaslian rasa teh itu sendiri. Beda lho dengan minum teh manis, yang mana anda adalah minum gulanya saja.

8. Hindarilah bergadang atau kurang tidur

bergadang
Bergadang menyebabkan kita akan lebih membutuhkan kalori. Tak terasa tubuh akan menuntut kita banyak makan. Cak Mar menyimpulkan bahwa kebiasaan bergadang selain tidak baik buat organ tubuh juga membutuhkan kalori yang sangat tinggi.

9. Mulailah aktivitas fisik

aktifitas ringan
Untuk membantu mempercepat diet yang benar, maka lakukan aktifitas apapun dibandingkan dengan banyak diam dan duduk.

10. Olahraga berat rutin untuk memperbagus tubuh


Fitness bagus untuk membentuk otot selain juga bagus untuk kebugaran. Badminton, futsal dan olahraga fat burning dan cardio lainnya akan sangat bagus dalam mempercepat diet. Tapi ingat, jangan anda kesurupan makan banyak setelahnya karena sama saja kalori yang anda bakar akan sia sia dengan penambahan yang anda makan.

11. Disiplin
Ini yang utama, jangan curang.

Sederhana khan, gini gini tips ini sangat ampuh loh buat diet yang benar.

disiplin saat diet
ilustrasi

Ntar dilain kesempatan Cak Mar akan berbagi pula beberapa ulasan artikel berikut:

Fungsi pankreas memproduksi insulin
Salah paham tentang otot
Nutrisi yang diperlukan tubuh
Fungsi protein
Akibat pola diet yang salah
Diet saat puasa
Menu bagi orang diet
Kerja malam atau kerja siang inilah pola makan anda

Jadi stay tune yaa … !!!!

Comments

comments

Leave a Reply