Kenali ciri ciri copet di tempat umum

loading...

Suka benci khan kalau dengar apalagi mengetahui ada kawanan copet beraksi di bis ataupun di tempat umum lainnya? Kali ini cak mar akan coba simpulkan dari artikel yang cak mar pernah dapat lewat bacaan ataupun dari keterangan teman teman tentang ciri ciri copet.

ciri ciri copet
copet

Ciri Ciri Copet

Beberapa kali copet secara bersama dan terorganisir sebut saja berkelompok berulah di tempat tempat umum. Kita harus waspada terhadap gerak gerik mereka, dan hebatnya mereka sangat pandai dalam membuat skenario layaknya sebuah drama. Biasanya mereka beraksi tidak sendirian namun bisa sampai dua atau lebih orang, tujuannya adalah tidak hanya pada keamanan mereka akan tetapi pada strategi menjalankan scenario sehingga sulit terlacak.

Ciri-ciri copet biasanya adalah :

  1. Berpakaian kerja seperti orang kantoran tapi lusuh dan tidak tampak baru keluar dari lemari
  2. Berpakaian kerja juga dan rapi tetapi sepatu kadang tidak cocok dengan pakaian, missal bukan sepatu pantopel.
  3. Berpakaian seperti mahasiswa tapi tidak sesuai muka/umur. Ini yang bikin ngakak, alias maksa banget.
  4. Biasanya menggunakan topi dan salah satu tangannya biasanya menggantungkan jaket.
  5. Memegang koran namun jarang dibaca dan dipegang satu tangan saja. Atau, satu tangan diatas dan satu tangan lagi menyelinap dibalik tas atau jaket sedangkan copet lain berjaga jaga.
  6. Pandangan mata liar, memandang lebih dari 5 detik pada area saku celana, tas dan barang bawaan.
  7. Kalau mencopet sambil jalan, biasanya jalannya tanpa ritme kadang cepat kadang lambat. Atau kalu mereka berkelompok, ada yang berperan menghalangi jalan, mengalihkan perhatian, atau berhenti mendadak di depan kita karena alas an apapun dan ada yang berperan sebagai sang pencopet.
  8. Kalau ketahuan tinggal bilang maaf dan ngeloyor pergi.

Motif, Ciri Ciri, Modus Operandi yang digunakan:

  1. Pijat kaki
  2. Tertidur nyenyak
  3. Memberikan tempat duduk kosong
  4. Bersenggolan
  5. Berdiri di pintu depan dan belakang
  6. Membuat keributan, sengaja muntah, atau kumat untuk pengalihan isu dan focus
  7. Menghipnotis dan motif lainnya.
  8. Memberikan makanan dan minuman saat akrab mengobrol

Kemudian waktu aksi pencopetan. Biasanya para copet beroperasi dari jam 06.30 s.d 09.00 WIB saat berangkat kerja, 11.00 s.d 13.00 WIB saat istirahat siang, dan 18.00 WIB s.d 21.00 WIB saat jam pulang ngantor.
Unik ya, kadang kita tahu ada copet di tempat umum namun kita enggan untuk mengingatkan Hal ini mungkin disebabkan karena orang takut membantu korban copet, takut diancam, kalah banyak, kemudian takut senjata tajam, dan takut diintimidasi setelahnya. Kemudian sopir dan kernet kerjasama dengan pelaku bukan karena bagi hasil melainkan karena kemungkinan yang sama seperti diatas. Bisa jadi Copet teriak Copet .. eh cepot dah, kita digebukin namun copet kabur melenggang bayam.

Tipsnya untuk mewaspadai dan menghindari adalah: (1) Jika ada pihak keamanan sebisa mungkin kita laporkan tanpa diketahui oleh komplotan, berdoa saja pihak keamanan bukan oknum sindikat juga. (2) Kemudian abaikan apapun skenario mereka dan tetap fokus pada barang bawaan anda.

Comments

comments

Leave a Reply