Malang Car Free Day Makin Digandrungi

Setiap kota di hari minggu telah lumrah menyelenggarakan gelaran car free day. Setiap kota juga mempunyai tempat khusus untuk menampung ribuan manusia yang menjajal jalanan lengang tanpa kendaraan tersebut. Tak terlepas dari itu, peran pemkot sendiri mempunyai andil besar dalam gelaran car free day ini.

car free day malang

Car free day jalan ijen

Awal mula car free day di indonesia dulu dimulai dari kota kota besar seperti misal jakarta, bandung, surabaya, medan dan selainnya. Entah kapan pastinya car free day di malang dimulai. Namun sekarang sudah menjadi rujukan wisata murah bagi warga malang dan pendatang.

Awal mula car free day dulu hanya di jalan ijen mulai dari perempatan jalan kawi sampai di depan gereja ijen. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pengunjung dan penjual untuk menjajakan jualannya di pinggiran lokasi car free day. Semakin lama dirasakan semakin ramai para penjual di pinggiran sehingga mulai menimbulkan ketidaknyamanan pengunjung. Acara tadinya car free day jadi praktis hampir berubah menjadi pasar minggu.

jalan ijen malang

car free day malang kota

gelaran car free day
Perluasan lokasi jangkauan car free day

Tak ingin kecolongan dengan kondisi teraebut, maka pemkot malang membuat kebijakan baru. Car free day malang sebenernya dibuat untuk warga saling berinteraksi. Selain itu juga dimanfaatkan komunitas komunitas sosial warga untuk berkumpul. Pastinya pula sebagai wahana bebas kendaraan bermotor tentunya. Paling tidak terdapat perluasan area car free day tersebut. Yang awalnya dari perempatan kawi sampai gereja ijen, sekarang diperpanjang. Perpanjangan tersebut termasuk juga memakan jalan ijen di depan akademi gizi. Sampai diteruskan di depan apotik kimia farma.

Pusat kegiatan yang masif dan besar otomatis bergeser dari boulevard ijen ke depan kampus akademi gizi.

Pasar minggu yang dinanti

Lantas kemanakah para penjaja dan penjual yang tadinya berjaja di pinggiran car feee day. Rupanya pemkot menerapkan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Tujuan pertama adalah menggeser dan menertibkan para pedagang ke suatu tempat. Tujuan kedua juga sebagai wadah para ukm umkm lokal malang untuk mengenalkan dan menjual produknya. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai wahana wisata baru buat pengunjung untuk belanja dan berburu di pasar murah.

loading...

pasar minggu

loading...

Murah??? Yaa … Sangat murah dibanding di luaran, momen yang tak boleh dilewatkan. Cak Mar sendiri berburu mainan anak, memborong untuk banyak barang mainan. Tak perlu menguras kantong untuk semua kebutuhan tersebut. Apakah semua murah??? Bagaimana cari tahu kalai murah??? Tidak semua … Namun hal tersebut bisa dilihat dari secara awam. Biasanya penjual memasang harga, kemudian juga memasang paket beli sekian dapat sekian. Mungkin juga diskon. Kemudian lihat murah tidaknya juga dilihat dari berapa orang yang ngumpul, pastinya banyak yang beli.

Pasar minggu letaknya di sekitaran parkir stadion gajayana. Yang official pemkot modelnya seperti bazar, ada jalur dibuatkan agar bisa keliling mencapai semua pelapak. Kalau dihitung ada 6 gang dengan setiap gang hadap hadapan sekitar 20 an. Berarti lebih dari 240 ukm. Sedang yang tidak resmi di sepanjang jalanan menuju parkiran juga tidak kalah banyak, mungkin lebih banyak daei yang di dalam parkiran.

pasar minggu malang

pasar minggu car free day

Jam operasional

Bagi anda yang ingin menuji kesana bersegeralah pagi pagi. Selain agar mudah mendapatkan parkir, suasana juga belum terlalu panas.

Kegiatan dibuka mulai pukul 06.00 sampai pukul 11.00. Sedangkan peak untuk pengunjung adalah pukul 7.30 sampai dengan pukul 10.00.

Tips dan triks

  1. Selalu awasi barang bawaan anda, jangan sampai ketinggalan atau berpindah tangan. Selama ini Cak Mar belum mendengar tangan tangan jahil beraksi. Semoga tidak ada.
  2. Belilah barang hanya yang anda perlu saja, lebih baik tunda pada kunjungan berikutnya jika ingin membeli. Pedagang tidak akan pindah kok. Buatlah daftar fix dari rumah sebelum berangkat.
  3. Awasi anak anak anda, jangan sampai lepas dari pengawasan. Kalau perlu terus gandeng mereka.
  4. Ketika anda makan di pasar minggu, siapin uang receh secukupnya. Cak Mar hitung ada sekitar 5-10 pengamen singgah. Termasuk beberapa orang pengemis tua.
  5. Tarif berfoto bersama tokoh cosplay atau superhero cukup beragam. Ada yang mulai 2000 dan seikhlasnya. Berapa yang lumrah? Mungkin 5000 sdh wajar. Kecuali ada yang memang memasang tarif di awal.
  6. Gunakan alas kaki yang nyaman. Sepatu atau sandal empuk. Karena mayoritas anda jalan kaki.
  7. Bawa kamera dslr anda untuk mengabadikan momen momen bagus. Karena banyak model yang bisa kita buat latihan.
  8. Anda bisa menikmati jalanan di daerah jalan merbabu untuk mendapatkan view beda. Sekalian disana ada Hutan Kota Malabar.
  9. Selain pejalan kaki, ada banyak andong dokar berkeliaran. Jadi, perhatikan dan dengarkan gemerincing mereka ketika melintas. Jangan sampai ketabrak yaaa ….
  10. Lebih baik bawa kendaraan sendiri daripada naik umum. Karena banyak rute umum yang dialihkan. Kecuali anda naik umum dengan satu rute.
  11. Parkir dekat dengan area penutupan dan pengalihan jalan. Paling enak parkir sekitaran stadion seperti jalan Lawu dan Merapi.

Kira kira itu yang bisa Cak Mar sampaikan, semoga menginspirasi. Bonus Taman Jalan Cerme dan Malabar.

jalan cerme

hutan kota malabar

Comments

comments

Leave a Reply