Menjadi model fotografer nasional Timur Angin

loading...

Jika pertama kali mendengar nama timur angin mungkin terkesan aneh dan unik yaa didengar di telinga, pasti sang empunya dulu ngasih nama supaya kelak sang anak ini menjadi orang yang besar dan dikenal banyak orang. Memang harapan tersebut menjadi nyata, diapun sekarang menjadi fotografer profesional yang mendapat order dan job dari orang atau korporasi yang bukan sembarangan. Sebut saja kecap bango, memakai jasanya photographinya. Kemudian ada bumbu masak royco dan unilever untuk profile iklannya. Beberapa BUMN di bidang perbankan dan pengelola gas negara juga memakai jasa pemotretan produk produknya. Ada pula asuransi, ice cream dan sebagainya… Itu baru dari produk komersialnya yaa …

Tahu film laskar pelangi juga khan yang di belitung, itu juga memakai jasanya untuk profile foto filemnya. Kemudian jasa prewedding artis artis nama besar, dan termasuk juga dokumentasi pernikahan artis dian sastro wardoyo. Dokumentasi perjalanan dengan National Geographic, dokumentasi poto perkantoran beserta foto para direksinya juga ikut ikutan memakai jepretannya.

Perusahaan perusahaan besar kelas nasional dan bahkan kelas multinasional juga tak ketinggalan ingin menampilkan sisi terbaiknya melalui karya fotografi kelas wahid dari jasa jepret timur angin ini. Tak ketinggalan perusahaan Cak Mar yang ikut pula memakai jasanya untuk mengambil beberapa still image yang akan dipakai sebagai background atau segala macam kebutuhan di beberapa profil dan properti perusahaan nantinya.

Kalau soal tarif Cak Mar tidak tahu berapa yang harus dirogoh koceknya supaya bisa memakai jasa mas timur angin ini. Tapi itulah fotografi, seni yang tidak hanya bisa dinilai dari sebuah mata uang saja. Harga berbanding dengan kualitas. Peralatan, kamera, aksesoris kamera, teknologi editing, teknologi image stilling, kemampuan fotografer, dan tentunya ditunjang crew serta manajemen yang bagus seakan menyesuaikan berapa besaran mahar yang harus dibayar. Bisa jadi relatif mahal karena ingin cari duit, atau bisa jadi tarifnya biasa saja karena timur angin hanya mengejar kepuasan dalam fotografi saja. Hobinya terbayar dan bakatnya tersalurkan.

Anda bisa melihat foto fotonya dan portfolionya di website pribadinya ini. Di dalamnya terdapat gallery untuk commercial, korporasi, sosial, panorama, ada pula fashion, ada travelling (kelas dunia banget, ini salah satu yang gue demen), dan perkantoran. Selain hal tersebut timur angin juga melayani jasa prewedding di timur angin wedding.

Bagaimana cerita foto modelnya?

Kebetulan Cak Mar punya jadwal bekerja pada malam hari. Saat itu seperti biasa jam 6 sore Cak Mar datang ke lokasi pekerjaan. Seorang teman memberikan informasi bahwa dibutuhkan dua orang untuk diambil sesi foto sebagai koleksi perusahaan. Nantinya foto tersebuta secara resmi akan ditampilkan dalam berbagai produk, event, atau media resmi perusahaan lainnya. Sang fotografer sudah menunggu di area luar sana (kebetulan Cak Mar saat itu ada di ruang kendali utama).

loading...

Berjalanlah kami berdua ke area lokasi, dan sudah menunggu 2 orang membawa alat fotografi lengkap. Saling menyapa dan berkenalan kemudian secara singkat dia kenalkan namanya timur angin. Karena dia dari jakarta, maka Cak Mar membuka sedikit obrolan tentang pengalaman dulu bekerja di Trans TV. Gayung bersambut akhirnya kita ngobrol kesana kemari sampai membahas isu politik segala … Kami sengaja ngobrol sambil menunggu datangnya langit biru tanda senja datang, hal itu mas timur sebut sebagai magic moment. Ini salah satu hasil jepretannya ….

timur angin
fotografi timur angin

Jeprat jepret jeprot … Akhirnya magic moment yang berlangsung 30 menitan tadi selesai. Mas timur dan crew ijin untuk makan malam dulu sebelum nantinya dilanjutkan sesi kedua di dalam ruangan … Wah ada lagi????Seruku ….

1 jam kemudian rombongan mas timur datang kembali. Kali ini ruangan kendali utama dimatikan semua lampunya dan hanya disisakan cahaya kecil yang datang dari layar komputer dan layar televisi …. Mas timur mau mengolah dan mendramatisir suasana dengan peralatan canggihnya. Dengan suasana segelap itu nyatanya hasil yang didapatkan ternyata malah luar biasa. Efek shutter speednya dilambatin untuk mengais cahaya sebanyak banyaknya. Ini salah satu hasilnya.
timur angin

Kira kira 1.5 jam sesi foto dalam ruangan teraebut selesai. Akhirnya Cak Mar meminta agar diambil gambar semuanya. Semua crew dan peralatannya.
timur angin

Cak Mar cukup beruntung menjadi model dadakan fotografer kelas nasional tersebut, sekaligus bisa belajar banyak masalah photography… Kelak suatu saat tulisan ini bisa dibaca mas timur angin sendiri supaya menjadi sebuah kenang kenangan.

Selamat berkarya mas timur.

Comments

comments

Leave a Reply