Mutasi Mobil Malang, Final.

loading...

Mutasi Mobil

Sesuai janji Cak Mar, yang mana kemarin sempat Cak Mar ungkap step step bantuan cek fisik kemudian cabut berkas kemudian cek fisik mutasi masuk sampai cek polda, kali ini akan Cak Mar ungkap langkah langkah di samsatnya perihal mengurus sendiri mutasi mobil masuk malang tanpa calo.

Sedikit berbeda, kali ini istri yang riwa riwi di dalam ruangan samsat sementara Cak Mar sendiri ada aktivitas yang lainnya. Namun tidak mengurangi dari substansi sharing kali ini karena lumayan simple. Mungkin tidak banyak berbeda dengan polda jakarta, polda jabar, polda jateng, atau polda lainnya dalam mutasi mobilnya.

 

Ini adalah ARTIKEL KETIGA dari “trilogi proses mutasi” yang Cak Mar lakukan:

1. Bantuan cek fisik

KLIK DISINI : Jika anda tidak bisa melakukan cek fisik di POLDA ASAL kendaraan misal terlalu jauh, anda bisa melakukan bantuan cek fisik di SAMSAT terdekat secara gratis.

2. Mutasi Masuk dan Crosscek

KLIK DISINI : Semua proses cek fisik mutasi masuk dan prosedur crosscheck jika mutasi dilakukan ANTAR POLDA.

3. Pembayaran dan Penomoran

Administrasi pembayaran pajak, biaya balik nama sampai dengan penomoran untuk mendapatkan STNK, Notice Pajak, Plat Nomor kendaraan, dan BPKB.

Pada bagian tiga ini berkas yang dibawa adalah sebagai berikut:
1. Berkas yang didapat dari polda jogja, dimana kelengkapannya bisa dilihat dari artikel sebelumnya.
2. Cek fisik mutasi masuk, artinya ada dua kali cek fisik. Cek fisik pertama untuk mutasi keluar (ini pakai bantuan cek fisik). Kebetulan dua duanya cek fisik mobil ini Cak Mar lakukan di samsat yang sama yaitu samsat karangploso.
3. Berkas kroscek dari polda jatim.

wpid-20151124_063640.jpg

 

Pengalaman Mutasi

Sehari sebelumnya Cak Mar sudah melakukan cek fisik kedua untuk mutasi masuk dan disambung crosscek di polda surabaya siang harinya. Cak Mar tulis dan sederhanakan dari apa yang istri lakukan. Kesalahan atau kelewatan prosedur Cak Mar usahakan minor lah …

1. Fotokopi formulir crosscek 1 lembar tersebut sebanyak 3 lembar. Setelah selesai satukan di dalam map dalam satu berkas. Jangan lupa pastikan map yang dipakai adalah map mutasi masuk yaa, kalau tidak nanti ditegur petugasnya suruh ganti dulu. Kalau Cak Mar kebetulan sudah ganti waktu cek fisik kedua.

wpid-20151123_084523.jpg

2. Menuju loket Penomoran, disitu diterima petugas polisi. Kemudian mendapatkan formulir penomoran untuk diisi lengkap. Isinya seperti formulir pada umumnya yaitu seputaran informasi mobil dan calon pemilik baru.

3. Berkas semua termasuk formulir baru dari bagian Penomoran dibawa menuju lantai 2 bagian petugas loket mutasi masuk atau bagian BPKB. Disini berkas semua diperiksa dan membayar di loket bank BRI di sebelahnya sebesar Rp 150.000. Tanda tangan boleh atas nama istri yaa …

4. Menuju loket Formulir di dekat bagian Penomoran. Disitu kembali mendapatkan formulir dengan membayar Rp. 125.000. Tapi berkuitansi semua kok jangan kawatir….. Diisi info yang kurang lebih sama dengan formulir di mutasi masuk. Cak Mar tidak bertanya pada istri apa bedanya formulir diatas dan dibawah ini, cuman kalau Cak Mar simpulkan, formulir lantai 2 untuk kebutuhan pendataan mutasi masuk atau lampiran ke dispenda (diwakili BRI), kalau formulir di bawah untuk kebutuhan samsat sebagai lampiran berkas berkas yang akan disimpan di bagian arsip.

5. Menuju loket Pendaftaran di lantai yang sama yaitu lantai 1, kita masukkan berkas semua, kuitansi termasuk formulir yang baru diisi semua ke loket tersebut. Disinilah semua berkas diambil, Alhamdulillah ternyata sudah masuk proses pembayaran. Menunggu sebentar, kemudian dipanggil lagi untuk diberitahu jumlah pajak dan biaya balik nama kemudian diminta untuk mempersiapkan uang sejumlah tersebut.

samsat karangploso

6. Jika uang sudah dipersiapkan, menuju kasir yang ada di sebelahnya. Disini sudah meja dan loket terpadu yaa … Jadi cuman geser saja. Biayanya meliputi;
– Pajak Baru (pertimbangan progressive apa tidak) PKB
– SWDKLLJ
– Biaya Balik Nama – BBN KB
Mendapatkan notice pajak alias lembar yang biasanya di belakangnya STNK. Kebetulan Cak Mar totalnya 5,022 juta, persis dengan yang ditagih di notice pajak.

mutasi kendaraan

7. Notice pajak dibawa ke loket STNK untuk mendapatkan STNKnya.

8. Notice pajak dan STNK dibawa ke bagian Plat Nomer. Ditunjukkan untuk mendapatkan plat nomer, menunggu selama 15 menitan sampai plat nomer selesai dan kering untuk dibawa pulang.

9. Selesai

Untuk BPKB menunggu waktu 3 bulan yaa … Kebetulan pada 24 Februari 2016 lalu sudah Cak Mar ambil. Jadi semua proses sudah selesai. Kalau ambil BPKB di bagian SATPAS di daerah singosari 400 meter selatan perlintasan kereta api, satu tempat dengan pembuatan SIM. Ini foto lokasinya ..

Ok, semoga menginspirasi.

Comments

comments

6 Comments
    • wavatar
    • wavatar

Leave a Reply