Pengalaman Haji Bag.1 ???? Berawal dari Niat

loading...

Kadang Cak Mar tidak percaya bahwa Allah telah memberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke Baitulloh sebagai pengalaman haji, tetapi Allah maha besar dan maha kuasa atas segala galanya. Tentunya sangat mudah memberikan apapun nikmat atau musibah sesuai kehendakNya.

Umroh 2010

pengalaman haji

Jadi jika dirunut kebelakang, ini memang salah satu hasil doa Cak Mar di depan kabah di baitulloh tahun 2010 yang silam. Kala itu Cak Mar mendapatkan kesempatan melaksanakan sebulan penuh berpuasa ramadhan dan berhari raya syawal di tanah haram. Berangkat dari indonesia pada 2 ramadhan dan sampai di indonesia lagi pada 3 syawal. Sebuah kesempatan yang agung dan jarang didapatkan muslim manapun. Dalam setiap kesempatan hampir Cak Mar lafadkan dan panjatkan doa, karena yang Cak Mar yakini dan alami doa disini sangat instan. Banyak hal yang tidak masuk nalar.

pengalaman haji

Cak Mar sebelumnya mencari tahu tempat tempat dan waktu mustajabnya doa untuk dipanjatkan. Salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa adalah daerah multazzam yaitu area antara Hajar aswad dan pintu kabah sepanjang tidak lebih dari 1.5 meter. Kebetulan waktu yang Cak Mar pilih adalah tawaf sunnah. Putaran 1 sampai putaran berikutnya ibarat pola labirin Cak Mar mencoba mendapatkan dari yang sebelumnya posisi terluar sampai bisa merapat kedalam, Alhamdulillah Allah mudahkan jalan (ingat doa instan terkabul tadi). Oh ya … Masa ramadhan adalah masa masa padatnya jamaah melakukan umrah, karena pahalanya sebesar pahala haji. Kembali pada cerita, Cak Mar begitu dimudahkan untuk bisa menuju multazzam. Tangis tak terbendung kala itu, sendirian terpisah dari rombongan sudah tidak perduli lagi. Kemudian tanpa gangguan dari banyak orang Cak Mar berdoa sebanyak banyaknya dan berulang ulang dengan khidmat dan khusyu.

pengalaman haji

Singkatnya itulah cerita tentang umrah 2010. Kembali pada narasi di awal bahwa salah satu doa yang Cak Mar panjatkan adalah segera diundang untuk bisa naik haji bagaimanapun caranya dan waktunya. Oh yaa …. Dari semua doa yang Cak Mar panjatkan hampir sebagian besar terkabul, termasuk Allah memudahkan teman Cak Mar yang minta didoakan setelah kira kira 14 tahun tidak diberikan keturunan, kemudian hanya beberapa bulan kemudian sang istripun telah mengandung.

Haji, Cak Mar pikir akan sangat besar biayanya. Tetapi sekali lagi Allah Maha Kaya yang mana kita tinggal minta dan tawakal kemudian biarlah Allah yang mengatur segalanya.

Tibalah waktunya pada tahun 2012, 2 tahun setelah umrah Cak Mar dipertemukan dengan teman SMA lewat salah satu group bbm. Tak sengaja mengobrol dan saling tahulah apa kesibukan masing masing …. SubhanAllah teman tersebut merupakan karyawan salah satu agen perjalanan Haji Plus. Haji Plus ???! Mungkin tidak mungkin, ah…. Tidak mungkin tidak bagi Allah.

Akhirnya Cak Mar utarakan segala niat Cak Mar tentang keinginan untuk bisa ikut haji, Dan ….. Gayung bersambut bahwasanya kelebihan Haji Plus adalah kewenangan biro untuk memberangkatkan anggota ataupun mengganti anggota yang batal berangkat. Kebetulan ada satu anggota yang batal berangkat dan minta digantikan.

Alhamdulillah, Inikah jawabannya … Namun teman tersebut tidak berjanji.. Karena perubahan nama harus atas persetujuan Departemen Agama via surat resmi biro untuk Change Name. Dia minta disiapkan uang setoran awal 4500 dollar saat itu. Sekejap memang saat itu uang yang Cak Mar pegang tidak lebih dari 15 juta …. Tetapi sekali lagi, tinggal minta dan tawakal kepada Allah maka akan dimudahkan. Dan benar pada waktunya Cak Mar mampu membayarnya.

Saudaraku, semua tergantung niat dan kesungguhan kita masing masing. Maka jika kita ingin sesuatu kebaikan maka tinggal minta dan tawakal maka Allah akan mengatur segalanya. Jangan lupa berdoa.

Cak Mar insyaAllah akan lanjutkan serial cerita pengalaman haji selanjutnya.

Comments

comments

Leave a Reply