Pengalaman Test Toefl ITS

loading...

Cak Mar punya pengalaman test toefl yang mungkin bisa menjadi referensi buat para pembaca. Setiap orang pasti seneng dan bangga kalau punya kemampuan dalam bahasa asing yang ini. Mau tidak mau dalam era seperti ini kita dipaksa untuk bisa dan aktif berbahasa inggris.

Namun, bisa berbahasa inggris saja tidak mutlak akan menjadikan kita dipercaya bahwa kita itu bisa. Buktinya apa?? … Buktinya adalah ada semacam sertifikasi atau pembuktian akan kemampuan berbahasa inggris melalui rangkaian test toefl.

Latar Belakang Cak Mar test toefl ini ada 2 maksud:
1. Pengen tahu berapa skor yang Cak Mar punya saat ini, kalau ngomong sama tembok dalam bahasa inggris sdh terbukti saling mengerti.
2. Ada kewajiban yang mengharuskan Cak Mar ikut test ini, yaitu masuk pascasarjana yang kebetulan ada di ITS.

Kita mulai ceritanya ……

Cak Mar daftar test toefl di ITS lewat jalur public. Lokasi tes UPT bahasa ITS yang berada di dekat area aula limas ITS dan politeknik ITS. Ambil jadwal hari Jumat 05 Juni 2015. Cak Mar ambil jadwal pukul 8 pagi sampai pukul 10, dengan tarif atau tarif untuk public saat ini 90.000 rupiah.

upt bahasa its

Datang tepat waktu setengah jam sebelum mulai, lihat layar nama Cak Mar ada. Cak Mar kebagian ruangan 01 kapasitas 25 peserta bersama 2 orang public lainnya dan sedang sisanya adalah mahasiswa ITS. Test dilakukan semua di lantai 2. Naiklah Cak Mar ke lantai 2 dan ternyata sudah ramai peserta berjubel di depan pintu masing2. Ada lebih dari 100 an peserta untuk sesi jam 8. Setiap ruangan sekitar 20-30 peserta. Lumayan juga kalau dihitung pemasukannya untuk UPT …

Masuk Ruangan

BTW, Cak Mar akhirnya pada jamnya masuk ke ruang test. Cukup nyaman dan dingin dengan akustik ruangan cukup bagus untuk test toefl. Pilih duduk paling depan supaya lebih fokus pada ujian.

 

Ujian toelf di sini dibagi 3 section.

1. Listening Comprehensive

Jumlah Soal ada 50
Waktu kurang lebih 35 menit
Ada 3 part A, B, C.
Part A percakapan singkat.
Part B semacam cerita.
Part C percakapan panjang.

2. Structure and Grammar

Jumlah soal ada 40.
Soal 1~15 adalah mengisi kalimat dengan rangkaian kalimat yang ada di pilihan jawaban.
Soal 16~40 adalah mengidentifikasi kata yang salah dalam kalimat, yang sudah ditandai dengan huruf pilihan ganda di bawahnya.
Waktu mengerjakan 25 menit.

3. Reading Section

Jumlah soal 50
Waktu mengerjakan 55 menit
Sekitar 4 atau 5 topik.

4. Selesai

Anyway, sekarang tinggal menunggu hasil yang akan keluar pada tanggal 10 nanti. Lulus atau tidaknya hal itu adalah yang terbaik. Untuk masuk pascasarjana di ITS minimal skor toefl yang dibutuhkan adalah 400.

UPDATE:

Alhamdulillah Cak Mar mendapatkan nilai yang bagus di 480 dan cukup sebagai syarat masuk MMT ITS, bahkan bisa sebagai syarat lulus 477…

Ini screenshotnya.

http://bahasa.its.ac.id/hasil_TEFL.php
http://bahasa.its.ac.id/hasil_TEFL.php

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk hasil test TOEFL anda bisa cek link diatas, copy paste saja ke browser kemudian ketik nama atau nomer test anda.

Comments

comments

2 Comments
    • wavatar

Leave a Reply