Kampung Wisata Sapi – Edisi Rute Gowes

Sabtu pada sebuah acara bakti sosial di perumahan, Cak Mar bertemu dengan pak Asrofi yaitu salah satu saudagar dan eksportir kripik buah dari Malang Raya. Pak rofi panggilannya, mempunyai banyak sekali jaringan atau network yang bisa dieksplorasi. Terbesit dalam benak untuk menanyakan tentang peluang usaha peternakan untuk pemula.

Gayung bersambut karena pak rofi punya beberapa rujukan usaha peternakan. Ada peternakan sapi dan ada pula peternakan kambing. Target pertama mungkin yang bisa dipelajari adalah peternakan sapi.

Mengawali rute gowes

Pagi hari pukul 05.30 kami bertiga berkumpul di depan ruko pak rofi. Kemudian pak rofi menginformasikan kalau ada satu lagi teman gowes akan ikut. Ternyata pak yudi. 

Kami menyusuri jalan raya perusahaan atau dikenal jalan karanglo – karangploso. Guna menghindari dari paparan asap knalpot kendaraan besar saat gowes, kami membelokkan arah setir sepeda melewati balai desa kepuharjo. Karena masih pagi maka jalanan relatif sepi.

Kami susuri jalanan balai desa sampai akhirnya kami belok di arah pertigaan pendem. Bertemu kembali dengan jalanan depan arhanud, kemudian belok kembali melewati gunung wukir. Disinilah tantangan sebenarnya karena jalanan sangat menanjak. Sedikit demi sedikit, rombongan yang tadinya satu akhirnya tercerai berai saat sampai di puncak gunung wukir. Beberapa menit berlalu, akhirnya 4 orang kembali berkumpul dan beristirahat.

Setelah cukup puas beristirahat, kami kemudian melanjutkan kembali kayuhan pedal menuju kampung sapi yang sudah dekat. Kira kira 15 menitan dari gunung wukir sudah sampai. Perlu diketahui kampung wisata sapi ini terdapat di jalur malang batu, kira kira 400 meter masuk kalau dari arah jalan raya. 

Sesampainya disana, pintu masih terbuka lebar. Kami ijin sama penjaga untuk masuk, dikarenakan masih pagi maka kami tidak ada tarif masuk yang harus dibayar. Kebetulan juga pak rofi adalah kenalan dekat dari yang punya kampung wisata sapi. Dan inilah bukti bukti perjalanan selama di kampung sapi.

Selamat mencoba.

Comments

comments

Leave a Reply